Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) Galih Pakuan milik Kementerian Sosial, sudah teruji dan diakui profesionalismenya oleh masyarakat luas. Mulai dari klien, orangtua pecandu, media, kepolisian, hingga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Ibarat rumah sakit, Galih Pakuan adalah rumah sakit kelas premium. Bedanya, rumah sakit premium berbiaya mahal, biaya rehabilitasi sosial di Galih Pakuan gratis. Balai rehabilitasi ini tak hanya membuat para pecandu napza pulih dari ketergantungan. Lebih dari itu, Galih Pakuan juga membina kapabilitas sosial dan tanggung jawab sosial klien.

Sehingga, lulusan Galih Pakuan yang tadinya pecandu, sampah masyarakat, berhasil bangkit menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Ada yang menjadi konselor, pengusaha, guru, pejabat kelurahan/tokoh masyarakat dan lain-lain.

“Di sini, pembinaan disiplin dan kepemimpinan sangat luar biasa. Penghuni dikondisikan untuk membiasakan disiplin dan penuh tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan,” ujar Rudi, mantan klien Galih Pakuan yang sekarang berprofesi sebagai guru sekaligus memiliki usaha kuliner.

Alumni Galih Pakuan yang kini dipercaya menjadi Sekretaris Desa, Ahyar Fajarudin, mengaku banyak mendapat pembinaan tentang kedisiplinan dan tanggung jawab selama berada di Galih Persada.

“Tinggal di Galih Pakuan menekankan tanggung jawab tinggi pada urusan pribadi, maupun urusan bersama. Disiplin dan tanggung jawab, menjadi dua sisi dari mata uang yang sama dalam pembinaan mental,” tutur Ahyar.

Setali tiga uang, Ibu Enim dari Aceh juga memuji kehandalan dan profesionalisme Galih Pakuan. “Saya telah memasukkan anak saya ke berbagai tempat rehabilitasi. Hanya di Galih Pakuan ini yang membuat saya nyaman,” ujarnya.

Pun begitu dengan pengakuan dari Pak Haryadi dari Banjarmasin, yang anggota keluarganya juga menjalani program rehabilitasi di Galih Pakuan. “Ada perubahan yang sangat terlihat. Kalau fisik itu pasti, ia jadi lebih gemuk. Tapi dari segi perilaku, ia lebih bisa mikir tentang dirinya, lebih dewasa. Ia tahu mau apa nanti ke depannya. Ia juga sekarang punya skill,” ujarnya.

Ingin tahu lebih banyak soal Galih Pakuan? Silahkan baca Buku “Rehabilitasi Sosial Holistik-Sistematik”. Buku ini menyuguhkan informasi secara detil dan mendalam, tentang BRSKPN Galih Pakuan. Pertama, alasan keberadaan Galih Pakuan. Kedua, pelayanan dan tahapan rehabilitasi sosial di Galih Pakuan.

Ketiga, mengungkap berbagai menu terapi di Galih Pakuan, yang mencakup terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental-spiritual, dan terapi penghidupan (livelihood), serta terapi untuk orang tua / keluarga klien. Keempat, success story beberapa alumnus yang sekarang jadi konselor adiksi, pengusaha, guru, dan tokoh masyarakat.

Buku ini bisa kita dapatkan dan baca secara gratis, cukup dengan mendownloadnya dari link ini, http://bit.ly/galih-pakuan-e-book. [HES]

_____

Pertama kali dipublish di RMCO.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.